Touna – Demi mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif diwilayah kabupaten Tojo Una Una, seluruh Polsek jajaran Polres Touna melaksanakan patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), Sabtu (06/07/2024) pukul 21.00 Wita.

Kapolres Touna AKBP Ridwan J.M. Hutagaol, S.I.K., S.H melalui Kasihumas AKP Triyanto mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi makanan pokok semua jajaran kepolisian diseluruh Indonesia dalam rangka mencegah atau meminimalisir terjadinya gangguan kamtibmas diwilayahnya masing-masing.

“Seperti yang dilakukan oleh jajaran kami di Polres Tojo Una Una, dari Polsek Tojo hingga Polsek Wakep, mereka melakukan KRYD dalam bentuk patroli dialogis dan sambang ke masyarakat dengan memberikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas,” ujar Kasihumas.

“Hal itu mereka lakukan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya hal-hal yang yang dapat mengganggu kamtibmas seperti peredaran miras dan narkoba, orang yang membawa senpi atau sajam serta perjudian,” ungkap AKP Tri.

“Selain itu patroli KRYD ini juga dilakukan untuk mencegah niat dan kesempatan para pelaku pencurian baik kendaraan maupun pencurian dirumah-rumah masyarakat, tindakan premanisme serta penyakit masyarakat lainnya,” lanjutnya.

Kasihumas menuturkan seperti yang dilakukan personil Polsek Wakep, pada patroli KRYD tadi malam mereka menghimbau kepada para nelayan di desa Dolong agar tidak melaut apabila cuaca tidak bagus. Karena saat ini sedang musim penghujan.

“Kita ketahui bersama bahwa kabupaten Tojo Una Una ini adalah wilayah kepulauan yang hasil lautnya sangat melimpah, jadi sebagian besar mata pencarian masyarakatnya adalah sebagai nelayan. Walaupun mereka tinggal diperkotaan mereka juga sering pergi melaut,” kataya lagi.

“Tidak hanya itu personil Polsek Wakep juga meghimbau kepada masyarakat dalam menghadapi Pilkada 2024 di kabupaten Tojo Una Una nanti agar bersama-sama untuk menjaga kamtibmas di wilayahnya masing-masing, jangan mudah terpengaruh atau terpancing dengan berita-berita yang belum pasti kebenarannya,” tutup Kasihumas.

Siaran Pers Humas Polres Touna Polda Sulteng