Polrestouna.com – Dalam rangka Pengamanan Pemilihan Umum tahun 2024, Polres Touna menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Tinombala 2023-2024, di Aula Endra Dharma Laksana Polres Touna, Senin (16/10/2023).

Rakor ini dibuka oleh Kapolres Touna, AKBP S. Sophian, SIK, MH yang dihadiri Bupati Touna diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Alfian Matajeng, S.Pd, MAP, Ketua DPRD Touna diwakili Ketua Fraksi Demokrat Husen M. Abubakar, ST dan Kajari Touna diwakili Kasi Pidum Endang Dwi Astuti, SH.

Hadir pula Pabung 1307/Poso Mayor Inf. Asrar Zees, Kepala Kesbang Pol Touna, Herlina Leonita, Kepala BPBD Touna, Moh. Asrar, Ketua KPU Ahdin L. Nondo, Ketua Bawaslu Taufik Rizal R. Liara, Danki Brimob Marowo, Danton Kompi Padang Uloyo, Danposal Ampana, Para Dandim, Para Pejabat Utama Polres Touna dan Kapolsek Jajaran, serta tamu undangan lainnya.

Kapolres Touna, AKBP S. Sophian dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran bapak-ibu sekalian yang telah meluangkan waktunya untuk hadir dalam kegiatan Rakor Lintas Sektoral ini, baik itu eksternal maupun internal.

“Kami sengaja mengundang bapak-ibu sekalian dalam rangka kesiapan Operasi Mantap Brata yang akan kita laksanakan pada tahun 2023 sampai dengan 2024 nanti,” ucap Sophian.

Kapolres mengatakan Operasi ini Insya Alah akan dimulai tanggal 19 Oktober 2023. Mulai dari tahap pendaftaran yang akan dilanjut kampanye, masa tenang, pungut suara, hitungan rekap suara, kemudian sampai dengan persilisihan hasil pemilu sampai bulan April s.d Juni 2024.

“Melalui kesempatan ini, kami meminta kepada Ketua KPU dan Ketua Bawaslu memaparkan atau menyampaikan hal-hal terkait operasi ini. Kemudian para stakeholder terkait baik dari TNI, Pabung, Kejari serta masyarakat lainnya untuk menyampaikan saran dan masukannya berkaitan dengan operasi yang akan kita laksanakan,” ujar Kapolres.

“Jadi hari ini kegiatan Lintas Sektoral, kemudian Insya Allah besok akan dilanjutkan apel gelar pasukan yang menandakan akan dimulainya kegiatan operasi tanggal 17 Oktober 2023,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Touna diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Alfian Matajeng dalam sambutannya menyampaikan ucapan permohonan maaf dari Bapak Bupati, Wakil Bupati dan Ibu Sekda tidak berkenan bersama-sama kita dalam kegiatan ini, karena sudah teragendakan lebih awal jadwal mereka.

“Sehingga pimpinan mempercayai kami untuk menghadiri kegiatan Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Tinombala 2023-2024 dini,” ucap Alfian Matajeng.

“Kami berharap melalui rakor lintas sektoral ini dapat diimplementasikan dalam rangka mencegah konflik menghadapi Pemilu 2024,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Kabag Ops Polres Touna, Kompol Mulyadi memaparkan pelaksanaan Operasi Mantap Brata Tinombala 2023-2024 dalam rangka Pengamanan Pemilihan Umum tahun 2024 dan dilanjutkan saran dan masukan dari peserta Rakor.(Humas)